Nasib Istri Kedua

Namaku Mily, dulu aku perempuan pekerja kantoran yang konsumtif, peribahasa lebih besar pasak daripada tiang sangat cocok dengan kehidupanku. Aku senang sekali belanja dan menjadi perhatian banyak orang.

Nasib istri kedua
Nasib istri kedua

Semakin hari utangku semakin menumpuk yang sebagiannya adalah uang kantor, aku minta bantuan keluargaku tapi tak ada yang bisa membantuku karena mereka juga hidup pas-pasan.

Setiap malam walaupun aku lelah aku usahakan salat malam karena sudah tak tahu lagi harus kemana meminta bantuan.Β Suatu hari aku curhat pada Anti teman 1 gang walaupun awalnya aku merasa dia ga bakalan bisa bantu tapi karena sudah tak tahan menahan beban yang aku pendam sendiri.

Tak disangka dia memberikan nasehat untuk menerima ajakan nikah siri teman kami yang dulu pernah 1 kantor yang sekarang sudah menjadi pengusaha sukses.

Aku pun teringat teman satu kantor yang lama bernama Didi [nama samaran], selama 15 tahun setiap ada kesempatan dia selalu mengajak menikah jadi istri keduanya, karena istrinya punya sakit kambuhan, namun selalu aku tolak karena tak terpikirkan olehku.

Entahlah mungkin takdir ataupun karena aku sudah gelap mata, walaupun keluargaku tak ada yang setuju, akhirnya aku menerima menikah siri dengannya dan menjadi istri kedua Didi dengan minta mahar sesuai hutangku karena aku ingin melunasi hutangku.

Aku menikah tanpa sepengetahuan istrinya yang sedang sakit selama 2 tahun ini. Pengakuan Didi, istrinya tak bisa lagi melayani dirinya diranjang karena sakitnya tapi tidak tega menceraikannya karena memikirkan anak-anak.

Baca juga:

Tak terasa pernikahan siri kami sudah 3 tahun, artinya aku sudah jadi istri kedua Didi selama tiga tahun ini dan aku sudah keguguran satu kali, sampai sekarang aku belum hamil lagi, dulu aku hanya memanfaatkan uangnya tapi ternyata benih benih cinta tumbuh di hatiku karena ternyata dia seorang suami yang soleh, tanggung jawab, sabar dan pengertian.

Sekarang aku menjadi seorang ibu rumahtangga yang sehari-harinya hanya menunggu suami datang di siang hari, pengajian, atau hangout bersama gangku pada waktu mereka libur kerja.

Keluarga dan teman-temanku melihat aku hidup dengan kecukupan materi dan suami yang sangat tanggung jawab, tapi mereka tidak tahu apa yang aku rasakan selama ini.

Aku merasa berdosa terhadap anak istrinya yang sekarang sudah sembuh dari sakitnya, aku ingin berpisah tapi melihat suamiku yang bahagia denganku, sungguh tak tega meninggalkannya.

Dia sudah menolongku dari kesulitan, aku bukan orang yang tidak tahu berterimakasih, tapi disisi lain aku ingin memiliki rumahtangga yang normal seperti rumahtangga kebanyakan orang, bukan seperti yang sekarang istri kedua, yang masih sembunyi-sembunyi dari istrinya ataupun masyarakat, walaupun suatu saat namanya bangkai pasti akan tercium juga.

Langkah Apa yang harus aku ambil? aku tak ingin menyakiti istrinya, tapi aku tak tega meninggalkan suamiku dia berkali kali bilang dia bahagia denganku tapi dia juga tak ingin menceraikan istrinya, dia juga tak ingin istrinya tau karena akan sangat melukai.

Aku bahagia punya suami seperti Didi meskipun itu hanya sebagai istri kedua tapi aku sedih bila mengingat keadaan seperti ini.Β Benarkah aku menyelesaikan satu masalah dengan nambah masalah..Β Mungkin pembaca ceritacurhat.com ada yang bisa memberi nasehat langkah apa yang harus aku ambil.

164 Replies to “Nasib Istri Kedua”

  1. saya disini tidak akan berbicara benar atau salah tapi, kalau menurut saya semua balik lagi ke diri mbak, bagaimanapun yang menjalani hidup mbak sendiri, Kala soal menyakiti dan tersakiti, semua pasti akan merasakannya hanya menunggu waktu saja, baik dari pihak mbak dan istrinya, dan itulah yang namanya pengalaman yang terpenting konsekuensi mana yang mbak mau ambil selanjutnya. sekarang mbak perbanyak ibadah, dan meminta dalam doa. setelah mbak yakin lalu bersikap tegas. karena bukannya menikah itu untuk mendapatkan ketenangan lahir batin ya mbak.

  2. jadilah monyet yang baik sebelum meloncat ke batang pohon yang laen raihlah dulu batang pohon yang laen, cari potensi suami yang baru dulu udah dapet baru pisah

  3. Sama aku juga ngrasa bersalah tapi disisi lain aku nyaman banget sama dia. Aku uda minta putus dia malah gamau dan bikin aku ga rela lepas dari dia. harus gmn lagi aku nya.

    1. Posisi kamu sama ky aku mba,sudh 4 tahun aku menjalani hubungn seperti ini,pengen putus disisi lain dia menunjukkan sikap ga rela pisah sm aku,bahkan pernah bilang ga ikhlas klo ada orang lain sama aku,,aku juga bingung harus giman??karna aku sendiri juga sdh sngat nyaman sm dia sulit buat pisah sm dia.

      1. Yuuk kita cri jalan keluar sama sama… Aku juga ngalamin hal yg sama dan gak nemu juga jalan kelurnya.

      2. Mba mba semua.. aku juga mempunyai pengalaman yg sama.. aku juga adalah seorg istri kedua. Kami menikah secara siri.. sudah 2 tahun lamanya.. tpi aku sangat mencintai suamiku dan sebaliknya.. suamiku adalah org yg sangat baik.penyabar.dan bertanghungjwab. Suamiku juga sering bilang klo dia sangat mencintaiku dan sampai kapanpun dia tidak akan menceraikanku.. tpi disisi lain aku dilema karna statusku sbgai istri siri istri kedua.. aku sangat dilema. Aku tidak berani memberi tahu ibuku atau keluargaku perihal ini.. kira2 aku harus bagaimna ya aku bingung.

        1. Ya ampun mba.. sama seperti aku nasib nya… di bilang nasib, memang nasib, mau merubah sangat sulit sekali.
          semakin hari semakin lama semakin cinta.. juga semakin banyak godaan, karena harus sabar krn kita tahu dia punya istri pertama, rasa cemburu,sakit campur aduk jadi satu hiks.

  4. waduh,mau diperistri mengapa dasarnya melunasi hutang?itu sudah awal yg salah.
    kedua,model nikah spt itu kan membuat dirimu sah sebagai istri secara agama,secara UU Negara tetap belum sah,lantas resikonya jelas suami tdk leluasa utk berani membawa dirimu secara terang2an,apa ini yg disebut bahagia?
    Sikapi segera,bayangkan satu kondisi spt ini: katakan suamimu entah karena apa,bisa ajalnya sdh tiba,lalu meninggal di tempatmu,apa yg dirimu akan lakukan? menyakiti istri resminya 2 x sekaligus–memulangkan jenazahnya sekaligus tahu bahwa suaminya punya istri siri–juga memberitakan suami resminya meninggal ditempatmu.Kalau dirimu dalam posisi istri sbg resminya kira2 akan seperti apa rasanya?
    Sebaliknya jika dirimu yg meninggal duluan,paling suami adakan acara pemakaman,libatkan keluarga,selesai.
    Hak waris? Lupakan deh,status siri tdk dilindungi UU Negara yg mengatur hak waris atas status istri siri.Namanya juga sirri (suara lirih,jangan ucapkan keras2 bikin orang lain tahu krn mendengar)kata lawannya jarra,nyata,ucapkan keras,terang2an spy banyak orang mengetahui.Putuskan sendiri apa maumu,yg jelas harus ada niat mengakhiri situasi tsb.

    1. kalimat kamu membuat saya menangis..
      saat saya membaca kalimat ini,, hati saya begitu sakit.. saya merasa diri saya putus asa dengan keadaan..

  5. Menurut Islam menikah tanpa ijin istri pertama tetap sah. Perbanhak Ibadah minta petunjuk mbk , insya Allah d beri jalan keluar.

    1. Memang benar nikah scr siri ada dalam agama, namun jika cara dan niat dari awal nya salah, maka ke akhirnya ya salah juga, apa yg kita tanam itu yg akan kita tuai

    2. saran yg baik,,saya sebagai istri kedua juga berharapnya seperti itu…Krna memang ini semua masalah yg haru Di slesaikan..saya sering lihat istri istri org betawi yg udah tua”mereka bisa akur dan tinggal berdekatan bisa ngaji bareng dan kemana mana bareng,saat suaminya sakit juga bisa ngrawat dan bergantian jaga di rumah sakit….

  6. Sama seperti aku mba,,,, 6 tahun bertahan rasanya sepi, sunyi, sepi, terkadang merelakan untuk pergi dari rumah hanya untuk menemui istri tuanya alasannya hanya untuk nemuin anak2nya. Aku tidak masalahkan tapi hati rasanya hancur berkeping keping saat aku harus sendiri dan membayangkan foto mesra suamiku bersamanya.

    Ingin rasany aku lari dari kehidupan ini karna bila aku bisa memilih aku tak ingin seperti ini tapi semua kembalikan lagi ke takdir. Aku mulai berkata apakah aku harus seperti ini, tanpa kepastian, tanpa tujuan, umur semakin tua apakah kita kedepannya seperti gimana.

    Karna untuk berpaling ke orang lain pun tak bisa karena ada ikatan dan komitmen. Akhirnya aku ngobrol dengan suamiku gimana rasanya jadi aku dan akhirnya suamiku mengerti dan merasa kasihan kepadaku akhirnya dia harus merelakan walau kita berdua masih saling menyanyangi Dan tetap silaturahmi yg baik Aamiin

    1. Ih ga tau diri… hati berkeping2 meluhat suami sgn istri pertama dan anak2nya.. lah istri pertamanya lah yg lebih hancur hatinya berkeping

      1. Nga bisa bilng gitu mba. Itu uda takdir. Jngan menghakimi semua jln takdir sudah d atur.

        1. Takdir gimana… takdir itu bisa ga bisa dihindari, dan ga bisa dielakan.. ini khan tau dan sadar klu mencuri suami orang.. berarti itu bukan takdir, namanya menceburkan diri ke laut, tenggelam, tapi ga mati2..

          1. Entah istri pertama atau kedua sama sama terluka. Tinggal bagaimana niat kita dari awal. Semua butuh proses semua ada hikmanya. Jika tidak percaya dengan takdir. Ingatlah dengan RUKUN IMAN.
            Saya juga sebagai istri kedua. Tapi saya menerima semuanya. Berusaha untuk tidak merebut hak istri dan anaknya dari pernikahan pertama. Berusaha untuk tidak mengganggu rejeki dan harta dari istri pertamanya. Saya hanya menjalankan kewajiban sebagai seorang istri dan memberikan hak kepada suami. Tanpa saya meminta hak saya dan anak saya. Karna saya yakin jika ini takdir yg terbaik yg tuhan berikan kepada saya pasti akan tiba kebahagian dan ketenangan batin saya. Karna Allah tidak tidur.πŸ˜ŠπŸ˜‡

        2. Betul itu sdh takdir, semua wanita manapun tdk akan mau menjadi yang kedua, tp kita jg tdk tau nanti kita akan jatuh cinta dengan siapa. Menghindar dg cara apapun kl takdir kita sdh digariskan akan menjadi istri kedua kebagai hamba kita bisa apa….

        3. Iya betul kita tdk bs melawan takdir, kalau Allah tdk menghendaki tdk mungkin smua bs terjadi, menjadi istri kedua memang harus banyak bersabar, mengalah, menahan ego kita,

        4. Iya betul kita tdk bs melawan takdir, kalau Allah tdk menghendaki tdk mungkin smua bs terjadi, menjadi istri kedua memang harus banyak bersabar, mengalah, menahan ego kita

          1. Mbak, takdir itu ada 2. Takdir mutlak yg tdk bs diubah dan takdir yg bisa diubah tergantung dr usaha kita . Contoh takdir mutlak adalah kapan kita lahir dan diwafatkan, kita lahir dg jenis kelamin laki2 atau perempuan, sedang kaya atau miskin dan jodoh itu dapat diubah, tergantung ikhtiar dan pilihan kita. Mbak udah tau dia sdh beristri tetapi tetap ngeyel mau nikah sama dia, pada hal kalau mbak mau, bisa nikah sama yg lain. Tanggung resiko atas pilihsn mbak sendiri.

        1. Sy sudah 15 tahun menjadi yg kedua,, berat dijalankan tapi itu pilihan saya, sebab kenal suami saya tidak pernah pacaran sama sekali, suami cinta pertama saya, suami sayang sekali dengan saya dan anak2 kami sudah punya 2 anak yg satu sudah kls 2 smp dan yg satu masih kelas dua sd, yg pertama dan anak2 nya juga sdh lama tahu, awal2 emang berat buat sy, tapi sekarang sdh tidak lagi suami adil dalam segala hal,, baik waktu materi dan perhatian, tp sekarang sedikit batu sandungan, qadarullah suami sedang sakit, sdh berapa kali masuk rumah sakit tapi saya tidak diizinkan untuk menjenguk, karna ada istri pertamanya, dan anak2 nya, masih bisa komunikasi pake wa, tapi sekarang suami lagi diruang ICU saya hanya bisa melihat sekali, itu pun dengan bantuan bujukan, keluarga suami,, mohon doanya untuk kesembuhan suami saya…

    2. Aku juga ngalamin yg km rasakan mbak… tp ak ga mau melepas dia… dan dia ga mau melepas aku… trus gmn donk?

  7. Saya jga bingung mba2 saya mau dimadu tapi saya masih blom siap untuk kedepan.a harus gimana kah saya ???tapi takdir sudah ada yg ngatur jga sihh yaa gmna kehendak allah swt saja kalo saya mah keluarga saya jga sangat menyetujui.a segala sesuatu dari ekonomi ,,?

  8. Disinilah dibutuhkan tingkat keimanan seseorang sampai dimana? Seorang wanita yg baik dan telah bersuami baik itu jadi istri pertama atau Istri kedua, atau yg ke tiga juga empat, adalah kewajiban Istri utk berbakti kepada suaminya.

    Jangan dengarkan bisikan setan yg membuat dirimu galau, tapi lebih dekatkan dirimu dgn Tuhan, jangan pernah berfikir untuk minta cerai karena itu dilaknak, apalagi suaminya bertanggung jawab, dgn memintai pisah berarti sama dgn menyakiti hati suami.

    Ingat Syurga Istri itu ada telapak kaki suami. Ada baiknya suami berterus terang ke Istri pertama, walau terasa sakit tapi kejujuran lebih baik, kalau istri pertama punya iman yg baik, maka dia pasti bisa mengerti suaminya, saran saya malah lebih baik serumah dgn istri Tua ataupun Istri muda agar lebih mudah dalam memberi keadilan.

    1. Teori itu gampang bilang satu rumah, ini soal perasaan. Tempatkan dirimu sebagai istri yg pwrtama.. saat susah bareng2, pas enakan swdikut cari yg lain. Istri ke dua jg gitu, ga tau diri dah masuk ke rumah tangga orang minta hak yang sama, dulu wakty suamimu itu susah ikut susah ga? Ga kan, yg merasakan susah itu yg istri pertama…

    2. saran yg baik,,saya sebagai istri kedua juga berharapnya seperti itu…Krna memang ini semua masalah yg haru Di slesaikan..saya sering lihat istri istri org betawi yg udah tua”mereka bisa akur dan tinggal berdekatan bisa ngaji bareng dan kemana mana bareng,saat suaminya sakit juga bisa ngrawat dan bergantian jaga di rumah sakit….

      1. Makanya dr awal cari suami orang yg memang istrinya sdh setuju hidup dlm pernikahan poligami.

    3. MashaAllahh…. Seperti yg aku alami sekarang dan suamiku hanya perlu waktu yg tepat untuk memberi tau semua ke istri yg pertama…. Doakan semoga perjalanan ini lancar sesuai dgn rencana dan aku mengakui dia suami yg hebat bagi aku ….

      1. 😒 😒 😒.. Rasanya ga karuan menjadi yg kedua… Mudah2an kita semuaa di kuatkan.. Amin… Istri kedua jg sama menderita nya.. Sakitnya… 😒 😒

      2. Sama.. saya juga bingung. Saya trlanjur nikah siri krna g mau dosa zina trus”an.. dan skrg saya pgn lepas malaah susah krna ada ikatan pernikahan scr agama. Tp yaah untung saja blm punya anak.

  9. Aku juga adalah istri kedua, belum 2 tahun kami kenal sekarang aku sedang hamil 5 bulan. Kami menikah siri sebulan saetelah aku hamil tapi dia gak pernah jujur. Istrinya juga sudah tahu hubungan kami bahkan semua keluarganya menentang kami. tapi dia tetap tinggal sama aku.

    Satu bulan sekali pasti dia ada gak pulangm aku sih gak masalah tapi aku maunya dia jujur jadi aku gak tungguin dia pulang. Tapi setelah aku hamil dia berubah sering marah, sering merajuk. Aku telepon atau sms gak pernah dibalas. Sekarang aku lihat dia curi curi ada hubungan lagi dengan istrinya. Aku gk tau maksud dia apa. Aku bilang kalau dia mau tinggalkan aku dan balik ke istrinya aku ikhlas tapi dia cuma diam dan pergi. Emang gak enak jadi yang kedua.

    1. “Aku Maunya dia jujur..” susah mbk, toh slama ini dia menjalani hub dgn mbk pun dia membohongi istrinya, jadi jgn berharap dia bisa jujur ke mbk

    2. Mbak ak jg sama cm bedany keluargany membela aq setelah ak hamil melahirkn ank kedua suami ku ud gak perduli lg am ku katany dy gak cinta am istri pertamany km tengkar terus dibelain ny istri pertamany it

    3. resiko jd istri kedua bgtu bu, sms trlp wa bbm gak dibales kl lg sm istri pertama dan anak2nya. alasan batre habis lah apa lah. sama bu…. ya allah….kdg sy jg pengen berontak, tp apa daya mau gak mau nelen pil pahit ini

    4. Ternyata banyak juga yg mengalami hal seperti itu…
      Aku kira hanya aku yg berada diposisi yg salah..
      Mencintai laki” yang sudah beristri.. Dan menjadikan diri kita berada diposisi ke dua…

  10. Ga pernah mimpi hd istri kedua… apalagi istri pertamanya masih ada… alias belum cerai

  11. ternyata sama juga kalo suami ada di yang tua suka g enak mod dan maunya sewot aza knp ingin rasanya cemburu itu hilang kesal campur aduk sy tau dulu tdk harmonis semenjak sama saya nyaman eh,,,skrng bnyk berubah istrinya mau diajak jalan dulu pendiam mungkin sudah tau curiga tau suaminya punya lagi takut kehilangn yah sy akui dia kl ada waktu seharian menghabisi waktu bersama tp rasa cemburu itu susah hilang bagaimana menyikapinya ya allah apakah ini takdirku,kadang pengen yang bener2 utuh tapi ya allah sy cari susah yg lebih pengertian seperti dia…

    1. Assalamualaikum mba2 di mana pun berada. boleh kita berteman utk berbagi . senasib menjadi istri ke 2. setidaknya kita menguatkan satu sama lain. salam kenal utk teman2 senasib dg sya. trimaksh jg utk mba yg sudah membuat blog ini. sya jd bs berkomunikasi dg temen2 baru sya. walaupun blum byk . tp sy pnya temen ? . sy berencana membuat group mba.. sudah ad bbrpa temen senasib. slm knl mbaa

        1. nasib itu bisa d rubah. tidak akan berubah nasib suatu kaum jika bukan dia sendiri yg akan merubahny..
          jd saran q.. jng prn coba2 jd istri k2 apa pun masalah dn alasanmu..
          masih banyak duda dn bujang d luar sana yg juga butuh seorang istri. bukan kah kita butuh ketenangan dalam hidup?? termasuk dalam hal rumah tangga. sedang jd istri k2 termasuk istri pertama sama2 tak akan prn bisa merasakan yg namany ketenangan. krn d hati masing2 punya rasa cemburu dn sakit..
          percayalah!!!
          bukan cuma istri k 2 saja yg akan sakit dn butuh sabar. tp istri pertama jg lebih sakit.

        1. Add wa aku dong, kita bisa share bareng +60149678287. Nanti aku masukkan ke dalam group. Membernya dari pembaca sini juga kok

      1. Saat ini aku pun merasakan hal yg sama…ingin lepas dr khdupan suami tp ada ank…jd serba salah sendri…nangis sendri…hnya menghrapkan petunjuk dr allah…smoga aku kuat menjalaninya.

      2. Salam menal juga ya…saya mau dong ikut di groupnya..dengan harapan semoga ada jalan keluar buat saya…Amiin

      3. ini bukan suatu pilihan tapi TAQDIR bukannya semua berjalan atas ijin Allah,,,…jadi istri kedua tidak salah sama sekali,,mungkin suami emang bnr2 gak bhagia atau di istri tuanya punya kekurangan,,,

        1. Alibi… takdir itu tdk bisa dihindari, seperi kematian, atw sudah berhati2 tp tetap ketabrak.. situ khan tau tuh laki dah punya anak bini, dah tau resikonya knp msh nekad? Sama aja sepeti contoh, misalnya dah tau ada kreta malah nekad mau nyebrang yah ditabrak lah.. Nyesel khan sekarang…!!
          Dapet buaya darat, istri sah nya aja dikadalin apa lagi lu dibuayain….KAMVRETTTT LU

      4. Wa’alaikumsalam… Gabung dong mba.. Sy jg senasib… Nmr wa sy… 085801218804… Tolkng di add y teman2 semua.. Slm kenal

      5. Boleh saya minta sarannya mb…saya mengalami nasib yang sama mencintai laki- laki yang sudah beristri …kalau bisa saya ingin bergabung dgroup mb

    2. Hahaa… ga usah sewot mbk… se-swwot2 nya mbk, pasti lebuh sewotan istri pertamanya klu tau mbk ambil suaminya.

  12. Jd istri kedua apalagi istri simpanan..itu gk enak..walaupun banyak uang tp tetep aja hati terasa hampa..sy sdh 15 thn jd istri simpanan..dah punya anak 2..anak sy sdh abg..kita tdk pernah menikah..dan sepertinya tdk akan pernah menikah krn dia tdk mau menceraikan istrinya dgn alasan anak.tp jg tdk mau kehilangan sy krn dia sayang banget sm sy.kalo setiap sy minta pisah..dia selalu marah dan ngamuk..utk yg para gadis..sebelum terlambat..lbh baik menjauhi janji2 manis lelaki yg mau menjadikan anda istri kedua atau simpanan..harta tdk menjadi jaminan..blm tentu bahagia di hati..semuanya semu.sy aja kalo bisa dibalik waktu..tdk akan mau hdp seperti ini.

    1. .iya mba. .aku saat ini berpacaran dengan suami orang, bahkan anaknya bar setaunan. Sebelumnya saya tidak tahu bahwa ternyata selama 7 bulan saya dibohongi dengan mengaku masih single. Saya curiga sudah sejak awal, tapi saya kesusahan mencari informasi mengenainya. Dan saya baru dapat info setelah 7 bulan berpacaran. Syok beras, kecewa, dan segala macam menjadi satu. Saya bahkan bingung, sebenarnya ala tujuannya, sedangkan dia selalu meluangkan waktu di sela2 libur kerjanya untuk saya, ngabarin saya. Bahkan dia akan sangat marah dan tidak terima ketika saya berhubungan dgan pria lain, bahkan hanya sekedar untuk chat an. Ternyata saya hanya selingkuhan. Sampai detik ini masih belum bisa membendung air mata.

      1. Mirip yg saya pacarin. Dia bole sama istri. Saya ga bole sama cwo lain. Adehhh. Suka cemburuan gtu. Tapi saya ga mau anggap serius dan tetep ingin nikah sm lelaki single

  13. Memang tidak enak mbak jadi istri ke2 saya mengalami dan sekarang saya nyesel, tapi apalah daya mau berakhir pun ga bisa ?? saya selalu dibanding2kan dengan istri pertamanya, ga enak bener2 ga enak. Makan ati terus ??

    1. Sebenarnya bisa klu mau keluar dr lingkaran setan ini mbk… ingat, hidup cuma 1kali, semakin hari usia makin bertambah. Carilah kebahagianmu

  14. diketau atau tdk diketaui posisi sbgai istri muda,istri siri,istri kedua itu tdk ada enk y,,aplagi kalau pasangan kita tdk berani dan bijaksana,,,bersabar dan berserah diri pada Allah smg segera di beri jalan yg terbaik,,

  15. say istri kedua Dari laki laki beristri dengan dua anak,saat ini saya memiliki seorang putri,kluarga suami Dan istrinya tahu bahwa suami saya memiliki anak Dari saya tp mereka TDK prnah tau bahwa kmi msh terus bersama trlebih ktika suami mutasi kluar kota Dan saya ikut krna istri pertamanya TDK BSA mninggalkan pkerjaannya. saat jauh INI slama 3 tahun saya TDK braniii mnghubungi kluarga saya,saya mnghilang,saya mnunggu suami saya untukk berani Dan jujur bersama say mnghadapi kluarga kami.tp diaa hnya diam saja ,APA say hruss prgi?bgmn anak kami?saya tau dia msh brhubungan dgn istrinya bhkan member I nafkah lbh besar drpd kmi,membelikan mainan lbh bagus dan mahal drpd anak say. saya bingung,saya takut ibu bpk saya kaget..sakit bhkan say tidak tau apa mreka msh hdp atau sehat? saya mauuu gilaaaaaa,saya g tau hrs bgmn

    1. Lah biarin aja dia berhubungan dgn istri pertamanya , kenapa mbk nya jd kayak kebakaran, itu resikonya. Mbk bisa cemburu, marah suami mbk ke istri pertamanya, mbk nya ngerasain ga perasaan istri pertamanya dikhianati sm suaminya, pasti lebih sakit yang dirasakannya. Dan masalah istri pertama nafkah lebih besar, dan mainan utk anaknya lebih mahal dan lebih bagus ya wajar aja, istri pertamanya lah yg dlm susah senang mendampingi suaminya. Mbk kok ga nyadar, mbk itu “penyusup” bagi sebuah keluarga, jd ya trima aja resikonya, jangan meminta lebih, jangan menuntut banyak.. klu mau mendapatkan hak yg sama seperti istri pertamanya kenapa mau jadi yg ke dua, diluar sana masih banyak kok yg bisa jadiin mbk sebgai yg pertama, tp mbk nya memilih jalan pintas utk jd yg ke dua apapun itu alasannya.. TERIMA AJA RESIKONYA dan SADAR DIRI!!!

  16. Nasib kita sama mba, tp sy hanya bisa berdoa jg sllu bersabar n pasrah sama allah swt. Itu akan membuat kita lbh tenang. Kr kita gk bisa melawan takdir dr allah.

    1. Sebenernya..secepatnya mba kasih tw.mau g mw..karna akan jd bom waktu.drpd ketahuan sm rekan2 istri pertama..trz pd lapor ke istri pertama..malah istri pertama tau dr org lain..nyesekny..ampun2an mba..
      Skrg udh terlanjur..jgn terus2an mrasa bersalah wlpn salah..mba.tp jalani..memang hrz seperti ini mba.mba beruntung..suaminy menyayangi mba..ibarat mba dh jd plabuhan trakhr.msh banyak lho mba..laki2 yg btanggung jwb..soleh..tp msh main2…

  17. Sama seperti aq ..aq baru menjalani menjadi istri kedua.awalnya saya d bohongi karna dia blg gak punya istri dan ternyata setelah kami menikah dan skrg aq hamil 4 bln dia bilang smua kalau dia dan istrinya baik2 saja.. Apa yg hrs aq lakukan….???????cmn bisa nyesel cmn bs nangis tiap mlm karna dia skrg sudah plg k kampung halaman bersama istri dan anak2nya.

    1. Sabar mba… Yg sudah terjadi itulah qadarullah. Hal yg gak enak ini semoga jadi pembelajaran bagi yg lain. Kalau ada yg menghakimi jangan demgarkan. Mereka tidak dalam posisi kita.

  18. Aneh tapi lucu juga.Maaf yak kalau omongan aku nyakitin.Kalau gak enak atau menderita jadi istri kedua.Tapi kenapa kalian mau dijadikan istri kedua??Karena kalian hamil duluan,lah terus salah siapa?salah anda juga kan ,kenapa mau ditidurin.Kalau kalian punya iman yang kuat sih pasti kalian bakal ngebela diri.Apa karena cinta jadinya mau ditidurin?alasan yang menjijikan menurut aku.Karena kalau cinta mah gak akan merusak .Apa karena dipaksa?kalau kalian dipaksa ,pasti anda gak akan nikahin laki2 itu .Tapi anda bakal ngelaporin ke polisi bukan?karena sudah melakukan pemerkosaan.Btw yak pikir2 dulu kalau mau dijadiin istri kedua.Alasannya karena apa.Laki2 itu jadikan anda istri kedua.Gak enak loh yang istri pertamanya direnggut kebahagiannya sama anda yang istri kedua.

  19. aku baru 6bln mnjdi istri ke dua,awal nya kami mmng mrasa bersalah tp hub kita membuka aib istri tua nya ternyata dia prnh berselingkuh bahkan memiliki 1ank,dan smua brubah dia smkin syg sm ku,dia oun memutus kan tuk menceraikan istri tua nya,wktu trus berlalu harapan ku besar tuk memiliki dia seutuh nya tp ternyt itu hnya harapan belaka.dengan alasan krn anak dia rujuk lg dengan istri yg sdh menghianati dia..dan aku sprti mndpt tamparan keras,tp ttp sj dia tdk ingin menceraikan ku,krn dia blg.klo hidup mati nya hanya untux ku..tp apakah hrus ku percaya

  20. Mba aku ikut curhat ya. Aku masih gadis 20th aku sudah menjalani hubungan dg nya selama 2th. Aku tertipu setelah bbrapa bulan kita menjalin hubungan. Th ini berencana mnikah siri. Tapi aku bingung keluarga menentang, teman2 jg pasti tidak bisa menerima ku lagi. Aku tdk bsa meninggalkan dia,dia blg dia syg sma aku gk bsa pisah gk boleh sma yg lain jg. Org tuaku sdh mencari bnyak cara termasuk ke kyai dukun dll agar bsa memisahkan ku dg nya tp sperti nya cintaku lbh kuat dan aku tdk prcya hal semacam itu. Aku sdh berkorban bnyak dmi dia termasuk mengorbankan masa depanku. Stiap kali aku meninggalkan nya slalu kembali lg padanya. Aku ingin menikmati masa mudaku. Tapi ksalahan terbesar sdh ku perbuat dan serasa menjeratku. Aku sdh coba cari yg lain tp rasanya tdk ada yg bsa mgerti aku kcuali dia. Aku ingin skali hdup normal sperti remaja yg lain, sdh kucoba berbagai cara ttp rasanya tdk bsa tanpanya. Mhn solusinya hrus gmn sy ;(

    1. .kita senasib mba…aku gak bisa membendung air mata baca curhatan mba…karena aku juga berada di posisi yang sama. Umur kita juga hampir sama…aku setahun lebih muda dr mba.

    2. Sebenarnya kita sama mbak. Sya jg ada huBungan sprtii itu. Jalan kta jg hampir sama, n sikap ortu jg sama. Cuman lelaki yg sya bicarakan lbih berani, lbih brtanggung jawab, kasih pembuktian k ortuq n justru tdk ingin main2. Pengorbanan dia bgtu banyak n Akhirnya ortuq sdh luluh. Saran saya, mbak harus lbih bisa persiapkan mental atas segala pilihan mbak. Tekankan n tegaskan pda lelaki mbak itu niat serius menikah atau tdk. Saran sya jgn mau dinikah sirih n jgn mau selamanya sembunyi2. Lelaki itu imam, jika dia takut istri kenapa dia berani nyolek wanita lain? Wanita itu anak orang lhoo n lelaki itu harus brtanggungjawab, jgn mau laki yg jawab, mbak yg nanggung.. mbak hrus lbih persiapkan plan B, mikir masa depan, putus atau lanjut, meskipun itu sakit, penyesalan atas apa yg telah trjadi, selama kamu berpikir positif, optimis, mikir masa depan untuk mandiri, kamu akan lbih baik.. putus tdk ada salah, jika mmg lelaki itu mudah berubah stlah menikah. Menikah lbih baik krna menuju halal yg diridhoi Allah SWT, tpi kita sebagai kedua hrus bsa siapkan mental n mandiri dlm hal materi, agar siap sehala resiko. Kalau kta pribadi mandiri, kta ga akan takut ambil jalan n hadapi resiko apapun.. itu saran saya..

      1. Oh ya, urusan poligami benar2 bukan hal yg mudah. Jgn prnah melangkah dlm hal itu jikalau kta benar2 belum siap n belum yakin.. Jalankan poligami sesuai jalan yg benar agar kedepan bsa tentram..

    3. ga ada yg ga bisa. Sangat disayangkan dg kondisi dirimu yg masih gadis. jika orang tua tidak merestui,tolong jangan lanjutkan hanya beratasnamakan CINTA.

    4. Mbaa ko sama ceritanya sama saya saat ini, saya memang kenal sama pacar saya yg sekarang itu dari suatu kerjaan…saya bisa sedeket ini pun saya gk tau knpa sampe” saya sayang banget dan cinta sama dia begitupun dia ke saya. Padahal saya udah tau klo di beristri krna dari awal memang dia jujur sama saya dan keluarga saya.seiring berjalan sampe pacaran udah 4 bulan semuanya saya tauu dari masalah kel nya, dannn yg saya kagetkan itu krna istri pertamanya yg mengizinkan menikah lagi…banyak ceritanya cuma saya sampaikan segini aja, jika mba berkenan tolong WA saya 085716166488 😊 Kita bisa Sharing dan mencari solusi krna diusia saya yg 21thn dan mbaknya 20th ini kita harus berfikir lebih untuk kedepan dalam masalah sebesar ini 😊

  21. Aku jg menjalin hubungan dengan suami orang.ingin mengakhiri tapi dia ga mau. Akhir’y aq jalanin,walau terasa sakit sekali.karna waktu lbh banyak bersama istri’y. Sedangkan waktu sama diriku hanya 1-2jam saja. Aku hanya bisa menangis d saat merelakan dia untuk pulang k istri’y. Memang aku sadari kalau sampai istri’y tau bahwa aku adalah simpanan suami’y. Pasti perasaan istri’y akan lebih sakit dr yg aq rasakan.tapi aku tau semua ini sudah pilihanku dan harus aku terima.hal yg paling aku takuti adalah d saat dia hrs memilih antara aku atau istri’y.

    1. Hallo Mba..
      Kita senasib sebagai istri kedua.
      Aku baru menjalaninya 2 bulan ini.

      Mba, mungkin kita bisa saling sharing dan caring untuk melepaskan kegalauan menjadi istri kedua.

      Sebenarnya saya berniat membuat grup untuk para istri kedua dimana kita bisa saling sharing di sana.
      Jika berkenan bisa info nomor mba ke email saya isyafna90@gmail.com

      Terima kasih

  22. Saya juga istri ke dua. Sudah 2 tahun kita menikah.dan kita saling menyayangi satu sama lain. Dy mempunyai 3 org anak yg sudah besar besar. Istri pertama tidak mengetahui hubungan kita. Kita juga berjauhan.. suami saya tinggal sendiri dan istri pertama tinggal di kota lain dan saya berniat untuk meninggalkan pekerjaan dan tinggal bersama nya. Tetapi suami saya tidak pernah mengharapkan saya untuk tinggal bersamanya. Entah kenapa.. seperti dy takut atau tidak nyaman jika orang orang mengetahui saya istri keduanya. Saya sangat ingin bersamanya..saya sedih dan stress karena harus berjauhan trs. Saya tinggal di mess dan bekerja setiap hari..makan tidur sendiri..mencari nafkah.seperti saya tidak punya suami. Suami saya tergolong mapan..dy punya byak rumah dan usaha dan punya 3 buah mobil. Tetapi dy tidak pernah memberikan jatah bulanan. Alasanya si saya kan punya gaji dan tidak kekurangan..dan dy bakal belikan saya rumah nantinya. Apakah itu adil? Saya sedih akan hal ini..membandingkan istri pertamanya tidak bekerja dan tinggal dirumah mewah dan mengatur ke ungan suami tiap bulan. Sepertinya saya tidak mendapatkan hak apa apa sebagai istri.saya tahu suami saya cinta saya dibanding istri pertama, dalam perhatian dan komunikasi, apakah saya tidak berhak atas materi karena saya bekerja! Saya tidak pernah minta apa apa” hanya menangis saja.

    1. maaf ya mbak….yg namanya istri kedua… itu istri pertama mengetahui dan didaftarkan pernikahan kalian di KUA dg ijin poligami.
      jika istri SIRI…..istri pertama punmengetahui, tp pernikahan tidak didaftarkan
      dan jika istri pertama tidak mengetahui…..itu namanya istri simpanan.
      cerdaslah mengambil keputusan mbak,kalo kewajiban sebagai suami menafkahi istri tidak dipenuhi….apa lantas yang membuat mbak bertahan…????

    2. Cinta?itu nananya ga cinta….di boongin aja tuh sana suamimu…..dia kebih cinta istrinya lah…..rasakanlah dan bersabarlah

  23. Jadi istri kedua mmg gk enak,aplg kalo dbanding2kan dgn yg prtama.sakit bgt ..tpi hrus gmn lg ini udh tkdirku

  24. Itu juga pengalaman aku dulu… aku milih untuk berpisah dan membiarkannya bahagia dan memberikan kesempatan dia mencintai ibu dr anaknya, itu lebih baik.. Walau sekarang akulah yang terluka, aku ikhlas dan percaya bahwa akan ada kesempatan kedua, dan akan ada laki2 yg tulus menjadikan aku satu2ny wanita di hidup nya πŸ™‚

  25. emang jadi istri kedua itu ga enak, aku juga istri kedua, aku di nikahi siri, istrinya tau akan hal ini, ibuku juga tau, tapi keluargaku tak ada yang tau, aku juga punya anak usia 4 tahun.. 8 tahun kita sama”, tapi baru menikah taun lalu. memang sakit, ketika mendengar apapun tentang istri pertamanya, dengar namanya pun sudah membuat saya cemburu, aku tau ini resiko yang harus ku jalani, tapi tetap saja aku selalu merasakan sakit, aku pernah berpikir untuk ingin berpisah dengannya, tapi aku tak kuasa, aku sangat mencintainya, aku sangat menyayanginya, begitupun dia, dia bilang dia juga sangat menyatanfiku,..

  26. Lelaki adalah mahluk paling menjijikkan.beraninya hanya kalau tidak ketahuan,tp kalau ketahuan cepat2 wanita yg di campakkan. Bilangnya Sudah ngk suka sama istrinya,yg katanya istrinya beginilah, begitulah tp kenyataanya ap,,bohong. Tapi kalau di bilang bohong Ngak mau…nasib KU yg malang ap in kebodohanku…. Tuhan tunjukkan jalanmu untukku..aku lelah

    1. Tul mba, makanya saya buru2 nikah sm org lain. Drpd dicampakan. Kadang kasian jg sih klo liat dia cemburu. Posesif gtu…… orgnya

  27. Hanya istri pertama lah yang paling layak dan berhak berbahagia dengan suaminya sebab dia yang mendampingi ketika masih susah. Wanita kedua tak pantas mendapatkan kebahagiaan. Pantasnya menderita karena sudah merusak kebahagiaan. Kalau sudah tau laki2 itu beristri, seharusnya menghindar dan menyadarkannya, bukan malah menyambut bujukannya. Itu baru namanya WANITA BAIK-BAIK!!!

    1. Jika sya pnya pemutar waktu sya Akan Putar wktu ini kmbali ke masa lalu..
      Apakan jdi istri ke 2 itu cita”??
      Bukan?
      Bagimana Klo Seorang laki” nya yg tak pernah jujur sblm nya bahwa dia memiliki istri, krna keinginan dia untuk menikahi kami
      Apakah Msih Istri ke 2 yg hrs di salahkan.
      Kami para istri ke 2 ingin meninggalkan para suami,tpi bagaimana klo si suami tdk mau berpisah,apa msih kami yg disalahkan..
      Anda tdk pernah tau Rasa nya di madu, jdi sbaik nya anda tdk perlu comennt.
      Maaf bkn sya tdk sopan, tapi kata” anda yg seolah” menyalahkan istri ke dua, sya sungguh keberatan..

      1. Jangan cari alibi mbk, merasa tertipu sm suami, pura2 ga tau klu calon suami dah punya istri dan anak duluan, klu di ajak nikah siri, berarti ada sesuatu yg disembunyikan, smart dikit lah jadi perempuan. Kok bodoh banget… klu skrng dah tau si suami ternyata dah punya istri.. yah mundur secara teratur saja.. klu ga mau yah, terima aja nasib dan resikonya… takdir kalian yang menentukannya sendiri

      2. Kalau awalnya suami berbohong akan statusnya memang mba gak salah…tapi lebih banyak kasus istri kedua tahu bahwa dia pacaran sama suami orang. Menjijikkan! Jangan beralasan Taqdir! Karena anda bisa memilih. Anda fikasih otak, pikiran, dan nurani oleh Tuhan, maka gunakan itu. Secinta cintanya anda dengan barang milik orang tetap anda tidak boleh/berhak mencuri milik orang lain. Jadi jangan kedepankan nafsu dgn alasan cinta. Rendah sekali!

    2. Assalamualaikum..
      Mohon maaf,saya istri kedua dari seorang suami yg sangat mencintai istri pertamanya.. Dari awal bertemu,dia tidak pernah menutupi apapun.dia sangat mencintai istrinya.pada awalnya kami berkenalan,lalu kami berpisah krn saya memutuskan utk “jangan sampai saya menikah dengan lelaki beristri” dan saya memutuskan utk menikah dengan org lain.akan tetapi pernikahan saya tidak berjalan mulus,krn ternyata lelaki yg menikahi saya bukan suami yg baik.akhirnya kami bercerai.setelah saya bercerai, walau saya sudah lost contact dengan suami org itu,3 tahun lamanya tidak pernah bertemu dan kehilangan komunimasi sama sekali,ternyata dia mencari saya.pada akhirnya kami saling mengenal lagi.ternyata prinsipnya yg dulu,bahwa dia tidak mungkin menduakan istrinya,terpatahkan oleh kehendak ALLAH.begitu pula dengan prinsip saya yg tidak pernah mau menjadi istri yg kedua.

      1. Assalamualaikum..
        Mohon maaf,saya istri kedua dari seorang suami yg sangat mencintai istri pertamanya.. Dari awal bertemu,dia tidak pernah menutupi apapun.dia sangat mencintai istrinya.pada awalnya kami berkenalan,lalu kami berpisah krn saya memutuskan utk “jangan sampai saya menikah dengan lelaki beristri” dan saya memutuskan utk menikah dengan org lain.akan tetapi pernikahan saya tidak berjalan mulus,krn ternyata lelaki yg menikahi saya bukan suami yg baik.akhirnya kami bercerai.setelah saya bercerai, walau saya sudah lost contact dengan suami org itu,3 tahun lamanya tidak pernah bertemu dan kehilangan komunimasi sama sekali,ternyata dia mencari saya.pada akhirnya kami saling mengenal lagi.ternyata prinsipnya yg dulu,bahwa dia tidak mungkin menduakan istrinya,terpatahkan oleh kehendak ALLAH.begitu pula dengan prinsip saya yg tidak pernah mau menjadi istri yg kedua.jadi selama 3 tahun kami tidak bertemu,dia masih terus mencari info ttg saya,sampai pada akhirnya kami bertemu,jarak beberapa bulan saja dri pertemuan itu,dia mengajak saya menikah.sampai saat ini kami menjadi suami istri yg bahagia.dia sangat adil,kepada saya dan istri pertama.walaupun istri pertama tidak tahu kalau suami saya telah menikah lagi.sehari bersama saya,besok bersama istri pertama.begitu seterusnya.suami saya seringkali bercerita tentang kebaikan istri pertamanya,kesabarannya,dan betapa suami saya mencintainya.tapi begitu pula dia kepada saya.ini yang membuat saya muncul perasaan sayang kepada istri pertamanya krn saya selalu mendengar hal hal yg baik tentang dari dari suami saya.pada dasarnya menurut saya,menjadi istri kedua itu TAKDIR DAN PILIHAN, sama seperti yg saya alami.sudah menolak pun,masih juga dipertemukan lagi.karena Allah Maha Tahu porsi kesabaran setiap hambaNya.menurut saya menjadi istri dalam poligami tidak semua wanita bisa melakukan,hanya yg terpilih saja.dan kunci dari semua nya adalah saling keterbukaan dan saling mendukung antara kita (istri kedua) dan suami.entah itu istri pertama tau atau tidak.tapi sperti saya dan suami saya,kami saling menjaga perasaan satu sama lain, dan saling menjaga kondisi agar tetap aman,dan suami saya pun selalu menjaga hati saya agar tidak sakit dgn cara perhatian nya dan perjuangan nya yg maksimal saat kami bersama.dia juga mengajak saya utk semakin mendekatkan diri kepada Allah.bahkan dia bilang, “kalau aku pas lagi gak disini, km jadi punya banyak waktu untuk memanjakan dirimu dan beribadah”.. Jadi itulah yg saya lakukan.dgn dukungan nya.dan saya tidak meninggalkan dia disaat dia susah.kami saling mendukung,bahkan kami saling berkomunikasi ttg keuangan,dan juga kebutuhan utk istri pertama dan anak2 saat suami saya sedang kekurangan uang.saya lah tempatnya mencurahkan semua kejujuran nya,karena tidak semua hal bisa di ceritakan kepada istri pertama misal masalah kekurangan keuangan,problem pekerjaan karena takut membuat pikiran.finally saya berkesimpulan,inilah hadiah Allah untuk kebaikan suami saya.dia memiliki 2 istri yg saling melengkapi kebutuhannya, walaupun istri pertama tidak tahu saya dan mungkin saja bisa membenci.tapi di balik itu,saya mendukung rumah tangga nya dalam keadaan susah ataupun senang.saya bahagia walau kadang cemburu tetap ada,tapi jika merasa cemburu,saya lalu melihat foto istri pertama dan membayangkan bagaimana sakitnya dia.lalu cemburu itu terkikis.dan begitulah yg selalu saya lakukan jika saya merasa cemburu.

        1. Yaelah itu karena suami mbak yg cari2 mbak. Jodoh itu pilihan, mau single atau suami orang.

  28. jalani saja khdpn ini layak nya air mengalir…hidup di dunia hnya sementara di dunia kita mnjadi istri ke dua mudah2an di akherat kelak kita bahagia krna ssngghnya kdhpn yg abadi @ di akherat. landasi dgn hati ikhlas berbakti pd suami dan dktkan diri pd yg mmpnyai diri kita

    1. Saya setuju dengan hal itu meskipun itu terasa sulit ngejalani sebagai istri kedua..tp sy cm bisa berharap semua pasti ad hikmahnya yg pentiing tujuan kt benar ingin ngebina rumah tangga dan mematuhi suami pasti akan ada hikmahnya karena Allah tidak akan diam melihat umatnya dizholomi Krn kebohongan.selalu tawakal dan belajar ikhlas meskipun itu sulit.

  29. aku pun merasakan hal yang sama . menjadi istri kedua . tapi tidak siri. aku nikah secara resmi. ada surat nikah dari KUA. suamiku pun jujur pada istri dan anak2 nya.. aku dan istri pertamanya tinggal di satu kota yang sama. kadang aku main ke rumah mereka. merekapun begitu .. kadang kami jalan bersama. anak2 nya bisa dekat denganku.

    tapii aku juga sering merasa cemburu pada mereka .. setiap suamiku tidak pulang ke rumahku tp pulang ke rumah istri pertama aku merasa kesepian . ya itu memang resiko sebagai istri kedua. kadang aku pun merasa iri karena gaji suamiku full untuk istri pertama dan anak2 nya.. tapi aku juga sadar karena memang itu kewajiban suamiku . dan hak istri pertama . karena dialah yang menemani suami kami selama ini.

    sampai dengan kondisi saat ini.. aku sendiri punya usaha . jadi aku memenuhi kebutuhan ku dari hasil usaha . suamiku sangat support padaku… kadang aku juga terpikir untuk berpisah dengannya.. aku sudah biasa hidup sendiri … tapi aku membutuhkan sosok laki2 yang bertanggung jawab, sayang dan melindungiku .. aku tak tau jika aku bercerai dengannya demi memenuhi keinginanku untuk hidup normal itu akan membawa kebahagiaan untukku atau malah membawa kehancuran lagi.

    bnyak laki laki diluar sana . tapi gak bnyak yang baik.. kebanyakan laki2 itu hanya bermulut manis tapi nyatanya brengsek .. aku sudah 3 tahun menjadi istrinya .. kadang aku berpikir munafik kalo aku bisa hidup sendiri . menafkahi diriku sendiri. tapi mungkin itu hanya omong kosong … wanita butuh seseorang yang menjaga dirinya bukan sekedar menafkahi… istri kedua sering dipandang sebelah mata . dianggap hanya mau hartanya doang .. padahal gak gtu juga .. dia butuh seseorang yang bisa melindunginya . menjaganya. menyayanginya dengan tulus… istri kedua bukan perusak .. bukan perebut .. kita punya hak yang sama thd suami ..

  30. Bismillah…
    Sya Juga istri ke dua dri suami sya mba
    sya jg ya mrasakan yg mba rasakan..
    Sya Cma sdg Mnunggu ke ikhlasan Istri
    Pertama suami Saya..
    Sdgkan istri nya tdk prnah mengizinkan suami sya untuk mnemui saya..
    Sdgkan saya sdg Hamil Tua..
    Saya Ingin meninggalkan suami sya..
    Tpi dia teramat syg dan bahagia dgn sya
    Krna Dgn istri pertama nya blm dpat momongan slama 10th..
    Sya Jga bingung msti Bagaimana..
    Hanya ke ajaiban allah yg sya tggu. ??

  31. Mbak2 sabar aja ya, semua sudah takdir Allah, jalanin saja yang sudah ada , Tetap berdoa minta yang tebaik , intinya ikhlas dan sabar , tidak ada istilah istri pertama , kedua atau seterusnya yang ada istri2 mu, semoga semua nya akan baik2 saja , Insya Allah , Allah akan meberiΔ·an yang terbaik , tetap tawakal ya

  32. Tenang saja kebanyakan istri muda itu akan di tinggalkan oleh suaminya bila sdh tua.suami kembali ke istri pertama pakta membuktikan

  33. bersabar mbak.. Allah bersama org yg sabar. klu memang mbak merasa bersalah, ada baiknya mbak mengakui kesalahan. dan memperbaiki untuk kedepannya. semua dari keinginan mbak. dan mbak juga yg punya kehendak untuk bertindak mbak selama tidak merugikan org lain.

  34. Sama sy juga seorang istri kedua. Memang rasanya campur aduk. Brsalah itu pasti.. tp setiap keputusan diawal pasti sudah tau resiko nya.. skrg2 tinggal harus siap menanggung sgala resiko setelah semuanya terjadi menjadi istri kedua.. yg penting menjadi istri sah entah sah secara agama atau hukum. Dari hrs jadi wanita simpanan tp yg ga jelas status nya yg ada malah menjadi besar rasa bersalah ini. Tuhan yg mempunyai semua skenario kehidupan ini, kita berserah saja menjalani semua skenario. Tuhan selalu memiliki cerita yg juga indah buat kita nantinya..

  35. aku malah yang ketiga…jd yg kedua saat ini, siap2 saja suami anda diam2 menikah lagi ke yg ketiga

  36. Sharing song pngalamanya..critaku mngkin akn jdi istri ke dua tanpa mngharapkan kekayaan laki2 itu..krena dy bkan org yg brada gmana?

  37. saya sarankan tetap setia pada suami, karena dia juga tentunya sangat menyayangi anda…. Sebagai wanita tentunya anda sangat yakin istri pertama pasti sudah merasa ada yang lain. Tapi mungkin juga dia tidak tega, karena anda telah menemani dia selama sakit. Solusi terbaik untuk menghilangkan rasa bersalah dari istri ke 1 dan ke 2 adalah mencarilkan dia istri ke 3……

  38. Cerita aku juga hampir sama,,
    Sudah menikah jadi istri kedua dan istri pertama tidak tau..
    Tapi rahasiaku sudah menjadi Rahasia umum, mungkin menunggu waktu saja..
    Orang orang disekitarku mulai mempertanyakan,karna tempat tinggal kita bisa dibilang masih satu kmpung..

  39. seru ih,, ternyata banyak wanita yg senasib denganku,,bisa saling menguatkan…TAQDIR….pasrah dan nikmati,,buat istri PERTAMA jgn pernah menjudge istri kedua suamimu,justru km ,km ,hrus introspeksi diri,knp suami klian bisa mencari istri kedua,,…berkaca diri.tidak ad yg pernah mau jadi istri kedua awalnya aku pun begitu.tapi klo Allah sudah berkehendak QTA BISA APA? ,,

    1. Wow.,,..hebat ya seorang perusal rumah tangga orang menceramahi istri Pertama….dunia emang udah kebalik…pencuri merasa hebat karena sudah berhasil mencuri milik orang lain. Ingat ya mba jangan karma itu ada, anda boleh bahagia sekarang karena sudah berhasil menyakiti hati wanita lain (istri pertama), tp suatu saat anda akan mendapatkan balasannya. Apa anda sudah merasa lebih baik dari istri pertama??…jangan berbangga dulu..,boleh jadi karena anda lebih muda, dan suami hasil rebutan anda itu hanya menuruti nafsu setannya saja. Tiap orang harus intropeksi diri…tapi kamu istri kedua adalah orang yg paling gak punya hak untuk mengajari itu! Kamulah yg harus introspeksi diri, kenapa masuk ke khidupan orang lain dan menghancurkannya??….. anda gak lebih dari wanita yg gak punya hati dan moral!

    2. Wowww hebat sekali anda bisa menjudge istri pertama… sejauh apa anda mengenal suami org? Istrinya lah yg tau sifat watak dan karakter dr suami nya luar dalam. Anda hanya tau superfisialnya saja.. anda tau tdk klu suami dr istri nya itu buaya darat? Dan anda lahk orban, dan anda bangga diterkam nya… BODOH sekali andaa… sekali lagi SELAMAT.. anda juga akan merasakan apa yg dirasakan istri pertamanya jika lelaki yg anda anggap suami anda menikah lagi dgn yg lainn…. hahahaha.. disanalah istri2 sah yg pertama berbahagia atas penderitaan anda.. karena situasi sdh berbalik dan anda mendapatkan karma dr perbuatan anda sendiri…. AMIN πŸ˜šπŸ˜πŸ˜€πŸ˜†πŸ˜…πŸ˜…

  40. Sebagai istri kedua apalagi yg di sembunyikan ya terima nasib aja, selama suami menafkahi dengan baik dan perhatian sebatas dia bisa ( namanya berbagi ya ga bisa minta banyak) terima saja. Saya pernah jd kedua dan sekarang malah ketiga. Ketika kalian menjadi kedua dan disembunyikan ya ikhlas aja kan resiko, dan apabila ada yg ketiga atau ke empat jgn ngamuk seolah olah kalian yg pertama..

  41. Met kenal semuanya blh ikut curhat saat ini saya punya 2 pacar yg 1 single dan yg 1 suami org kulihat yg bener2 cinta pdk dan serius ngajak nikah ak yg suami org meskipun nikah siri akhirnya yg single saya putusin tp knp disaat kami uda disetujui ortuku jd istri kedua dan kami uda menentukan tgl nikah ada rasa ragu dihatiku tuk jalani jd istri kedua tanpa istrinya tau ragu klo suatu saat ketahuan dan dia akan memilih siapa takut klo ak ditinggalkan setelah punya anak byk tp ak slalu mohon petunjuk sm alloh dlm keraguanku ini tp kami saling mencintai ak bingung apakah ak trus menikah atau putus

    1. Karena itu semua g akan mgkin mbak. Memang bilangnya akan di kenalkan dan mreka mau jjur ke istri pertama. Tp apaa,ktika mreka bertengkar suami malaah g mau tau,lost kontak bgtu saja. Dan aq rasa dan aq pikir memang bgmpun akan memilih yg pertamaa..

      Itu yg aq rasakan selama ini.
      Dan klo aq hamil dia juga akan berusaha menyempatkan waktu buat nemenin disaat hamil sampai anaknya besar nnti.
      Tp tau g sih,kdang hal kecil saja bs mreka lupakan. Apalagi hal spt ini. Aq pikir mustahil dan g akan bs.
      Untungnyaa blm pnya anak.
      Mbak saran saya pikir lg yaaa,lbh enak suami sendiri,suami satu”nya dan seutuhnya milik mbak sendiri.
      Tkut nyesal dan susah nglepasin mbak..

  42. Saya ga tau apa thread ini msh aktif atau tdk.. Tapi saya bener# bingung.. Saya 1 th menjalani hubungan dgn suami org krna kebetulan kami 1 kantor dan istrinya beda kota dgn kantor kami.. Saya tau sejak awal kalau dia beristri, dan saya juga tau bagaimana keadaan rumah tangganya yg kacau balau bahkan sblum saya hadir dikehidupan pacar saya.. Semua berawal dr pacar saya yg sering bercerita bagaimana stress nya dan tidak bahagianya dia dgn istrinya, setiap hari bertengkar. Waktu itu pacar saya anaknya 1, kira2 umur 3 tahunan. Kadang ketika dia pulang cuti dia menyempatkan diri untuk tlp atau video call.. Bahkan anaknya juga dikenalkan ke saya walaupun msh belum mmengerti. Saya juga tau bhwa mereka memutuskan untuk bercerai demi kebaikan masing2.. Hingga dibulan ke 5, tdk lama stelah dia cuti dan berencana cerai, dia memberi kabar bahwa istri nya hamil. Hati saya benar2 hancur, krna dia sndiri yg blg sdh tdk akur lah dgn istrinya.. Tp saya tdk punya hak untuk marah krna memang itu istrinya, ga ada salahnya dia hamilin.. Tp sakit sekali hati ini, disisi lain tdk tega mengatakannya krna ada raut kegembiraan diwajahnya. Hari ini istrinya melahirkan.. Saya betul2 tdk bs menahan rasa pedih didada, tp saya ttp memberikan semangat pada pacar saya, mendoakan agar istrinya lancar lahiran.. Dia sosok pria yg sangat baik dan berani mempertanggung jawabkan perbuatannya, dia juga berani menghadapi keluarga saya dan mengutarakan perasaannya bahwa dia benar2 mencintai saya namun statusnya msh seperti itu. Org tua saya memahami krna dia berani bicara jujur ttg keadaan rumah tangganya. Namun blm memberikan lampu hijau ketika ia bercerita ingin menikahi saya dulu secara siri untuk menghindari zinah. Saya hanya menegaskan bahwa saya tdk ingin jd yg ke 2.. Lebih baik saya pergi kalau hrus jd yg ke 2.. Tp dia tdk mau melepaskan.. Ia hanya meminta sabar.. Sabar.. Menurut bunda apa saya tunggu saja hingga permasalahan rmh tangga nya selse atau saya terima pinangannya untuk nikah siri ?

    1. Saran saya anda smart sedikit sajaa… jangan percaya lah sama buaya darat, istri nya aja dikibulin apalagi andaaa….. masih banyak yg lain. Belum memulai hubungan saja anda sdh sakit hati dgn keberadaan istri nya, walaupun sbnarnya anda tdk berhak utk itu.. Klu anda memaksakan jg maka selamatttt anda akan sakit hati seumur hidup anda.. dan bayangkan apabyg dirasa istrinya, bayangkan setelah itu anda jg dikhianati suami anda… sakittt bukan

  43. Urusan dunia jgn diruncingkan tapi berusaha ditumpulkan. Jika tanpa menuntut dia sayang, tanpa dikata dia memimpinmu ke jalan Alloh ridhoi, tanpa dituntut dia menafkahi lahir bathin, maka berbahagialah. Kebanyakan orang tolak ukur bahagia itu bisa terpandang bahkan ingin dipuji dimata org lain. Apalagi sekarang KUA mempermudah. Kalau agama jelas yg secara singkat “selama suami mampu berbuat adil dalam menafkahi lahir bathin, maka mau jadi istri ke 2 ke 3 bahkan ke 4 kalian (istri) janganlah risau. Justru harus jalin silaturrahim untuk bersama sama dijalan yang Alloh ridhoi”.

  44. Aku jga jdi yg ke 2,ya enak gk enak hrs di jln in mbak2, hbs cari cowok yg cocok, single susah, mngkn sdh takdir nya dpt yg cocok nya yg sdh pnya istri… Bicara sih gampang byk orang, nyalahin katanya jdi pelakor, emang gampang cari yg cocok di hati, mngkn klw cuma laki2 aja si byk yg single, tpi klw gk cocok mau apa donk…

    1. Cocok apa nya sis…. cocok duit nya. MATRE anda.. msh bnyak cowok yg single yg bisa dicocok2 in… cari alesan saja ANDA!!!!!

  45. Menjadi istri siri / istri kedua memang bukan pilihan para wanita semuanya.Tapi takdir Allah berkehendak lain.Krn Allah juga yg maha membolak balikan hati manusi, rasa cinta dan sayang itu dtg nya tiba2 seperti badai yg tdk bisa kita tolak dengan segera.Istri ke 2 dimana2 identik dgn perebut suami org hehehe. (tapi apakah kita pernah tahu bhw ada cerita /kisah apa dibalik pria beristri 2 )
    Dan jgn lah kita mengambil kesimpulan bhw wanita yg jd istri ke 2 itu mutlak bersalah.Krn bagaimanapun wanita ga ada yg mau jadi yg 2 ,walau dinikahi secara siri tetapi mrk tdk bebas menjalankan rmh tangga layak nya org normal dgn 1 istri dan 1 suami.Dan kebanyakan istri ke 2 selalu mengalah dan sabar,krn dia tahu konsekwensinya telah menikah dgn pria beristri(apapun alasannya) Blm gunjingan tetangga,kadang dijauhin tmn dan saudara krn statusnya sbg istri ke 2.Tapi apakah org diluaran tahu bhw dia(istri ke2) itu menanggung beban bathin yg sangat dalam.Org luar tahu nya hanya menghujat dan menjudge hehehe..tanpa tahu kondisi org trsebut.Saran sy bagi mbak mbak atau bunda2 yg berstatus istri ke 2.Jika nyaman dan ga ada masalah didalam pemberian nafkah dan keadilan..ya monggo diteruskan saja.Tp bagi yg galau dan ga nyaman serta merasa takut dosa krn ga mau nyakitin istri pertamanya..ya silahkan dipertimbangkan lagi dibicarakan baik2 dgn suaminya.Bagaimana baiknya utk kedepan nya kalau hub pernikahan nya msh tersembunyi dr istri pertamanya.Bismillah saja dan berdoa mohon petunjuk dari Allah swt.Krn hanya Allah yg maha membolak balikan hati manusia.
    Salam Santunku..

    1. Kalau dah begini aja deh.. cari2 TAKDIR dulu ga mikir klu dl bisa mnghindari yg namanya takdir?? Menghindari berhubungan dng suami orang yg notabene punya orng…. MALINGGGGG
      mau2nya dibuayain sama buaya darat, istrinya nya aja dikadalin apalagi kamyuhhhh ….

      Nyesel khannn..kasihan deh loo… cepet mati aja deh, gantung diri, atw tabrakin diri ke kereta.. khan takdir jg namanya… Hahahahahhaahhahahahah..πŸ˜πŸ˜ƒπŸ˜…πŸ˜πŸ˜ŽπŸ˜‹

  46. Insya Allah menjadi isteri kedua itu tidak harus merebut suami orang.menurut saya kalau dikatakan merebut itu,jika memisahkan suami dengan isteri pertamanya.justru kita di takdirkan menjadi isteri kedua adalah jalan Allah untuk kita,menaikkan derajat kita dengan kesabaran dan kebijaksanaan yg lebih tinggi.bagaimana utk menahan ego.karena terkadang menjadi satu satunya isteri menjadikan kita lupa diri terhadap hak dan kewajiban kita karena kita merasa “kita lah satu satunya”… Tapi semua kembali kepada manusia nya.mampukah dia menjalani tugas nya sebagai istri kedua dengan setiap keadaan yang ada.Allah Maha Tahu kemampuan hamba hambaNya.cemburu itu anugrah yg di berikan Allah untuk wanita,namun di balik itu banyak sekali manfaat utk kehidupan kita.khususnya dalam pengendalian diri dan ego.sebisa mungkin kita menekan ego,dan sebisa mungkin kita tetap menjalankan kewajiban sebagai istri.caranya adalah dengan banyak bersyukur.kita lihat banyak sekali nasib wanita yg tidak beruntung,, di hamili, di perkosa, di tinggal lari.justru menjadi istri kedua,dgn kondisi kita,jika kita bisa bersikap dengan bijaksana,akan menjadi ladang amal bagi kita.salah satu ilmu yang tinggi adalah ilmu “ikhlas”.nah,Allah sudah memberikan jalan kepada kita utk mempelajari itu,tinggal kita mau sungguh2 atau tidak menjalaninya… Kasihi istri pertama seperti kamu mengasihi kakak mu.sebisa mungkin,dukung rumah tangga mereka jangan sampai ada perpisahan.jika beruntung,kita akan bersama dengan mereka sebagai saudari di surga nanti utk bersama2 membahagiakan dan hidup bersama suami kita selama lamanya dengan Ridho Allah.Janji Allah itu bersifat pasti.KITA HARUS YAKIN.

    1. Tapi sangat susah mbak ….kadang ketika dia bersama keluarga istri pertamanya rasanya ad rasa cemburu

    2. jangan kebanyakan teori…. klu dah bawa perasaan teori dan praktek susah dijalaninnya… trussss ga usah kebanyakan ngomong ttg akhiray, emang situ dah prnh kesanaa????? gimana mau akhiray bahagia klu hablumminannas nya aja ga beres… zalim ke orang2… NGARTIIIII

    3. Anda hrus ingat selama istri pertamanya tidak tau dan selama itu pula dosa ditanggung suami anda, karena dia sudah berdusta kpd istri pertama. Ciri2 orang munafik.

  47. Saya juga istri kedua mba, jujur saya berat menjalaninya, tapi bagaimana lagi saya sangat sayang sama suami saya dan juga sebaliknya, suami saya begitu menyayangi anak saya, walaupun bukan anak kandung suami saya melainkan dari mantan suamiku yang pertama.
    Jujur setiap suami saya pergi jalan sama kluarganya, hati saya sakit, tapi bagaimana lagi, walaupun suamiku adil tapi hati kecil tetap menolak jika suamiku bersama kluarga nya yang pertama

Comments are closed.